Sabtu, 30 Januari 2010

1. Pantai Balekambang
Pantai Balekambang terletak di Kecamatan Bantur 65 km, sebelah selatan kota Malang. Pantai Balekambang ini cukup indah dan menawan. antai landai ini dipenuhi dengan karang laut, yang membentang sepanjang 2 km dengan lebar 200 meter ke arah laut, sewaktu air laut surut, maka akan tampak di atas air dan disela-selanya berbagai jenis ikan-ikan hias kecil yang beraneka ragam. Selain itu, di lepas pantai nampak tiga buah pulau berjajar ke arah barat, Pulau Ismoyo, pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas Pulau Ismoyo berdiri megah sebuah Pura,yang bernama Pura Luhur Amertha Jati. Untuk mencapai Pura ini, Anda dapat melalui sebuah jembatan setapak dengan lebar 1,5 meter. Pada bulan Suro, Pantai Balekambang cukup ramai di datangi wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

2. Pantai Jonggring
Pantai Jonggreng saloko terletak +- 11 km dari desa donomulyo yaitu desa Gondangtowo ujung selatan. Jalan menuju pantai yang juga tergolong sulit dan berbatuan serta di kelilinggi pepohonan di ruas jalan, sehingga pantai Jonggreng Saloko saat ini jarang pengunjungnya. Sebenarnya pantai Jonggreng Saloko sangatlah indah dan menarik sebagai tempat rekreasi, yang mana terdapat beberapa lokasi, salah satunya adalah adanya BROOS, yaitu terjadinya gelombang air yang menhamtam bebatuan dan bisa menimbulkan bunyi BROOS dan air laut bisa memancar dari batu diatas ketinggian 10 meter dari permukaan laut.

3. Ngliyep
Sebelah selatan dari Kota Malang terdapat beberapa Pantai yang sangat indah, salah satunya adalah pantai Ngliyep. Jaraknya sekitar 62 km dari Kota Malang, yang lebih tepatnya terletak di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomuyo. Pantai Ngliyep merupakan pantai dengan hamparan pasir putih yang berkilauan dan terlihat sangat menawan, apalagi disertai dengan deburan ombak yang menerpa tebing-tebing terjal di tepian pantai yang menambah semarak suasana di pantai Ngliyep. Selain itu banyak aktivitas yang dapat anda lakukan, misalnya membuat patung-patung pasir di tepi pantai, beristirahat sambil menyaksikan pesona senja yang dapat dinikmati dari Gunung Kombang.

4. Sendang biru
Pantai Sendangbiru terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan menyajikan pantai ini sebagai obyek wisatanya yang terletak 69 km, sebelah selatan dari kota Malang, melewati Turen, dan Sumbermanjing Wetan. Pantai Sendangbiru juga dikenal sebagai tempat pendaratan ikan serta tempat pelelangan ikan Kabupaten Malang, Pantai ini berhadapan dengan Pulau Sempu, hanya terpisahkan oleh selat sempit yang bagus untuk berperahu atau olahraga air lainnya. Pada hari-hari Syawalan (kira-kira tanggal 7 atau 8 Syawal) banyak yang naik perahu ke pulau Sempu untuk mengambil air dari sebuah mata air tawar dengan kepercayaan yang seperti “air Widodaren ” di Wendit, yaitu untuk kesehatan dan kesembuhan.

5. Pulau Sempu
nah, kalau ini terletak di seberang pantai sendang biru di atas itu. Kawasan ini memiliki banyak potensi alam yang indah dan menarik minat banyak wisatawan asing maupun domestik. Dengan keadaan alamnya yang khas, Pulau Sempu sangat cocok sebagai tempat wisata maupun untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Untuk menuju ke pulau, kita harus mempergunakan perahu motor para nelayan yang biasa disewakan buat para wisatawan yang ingin menyeberang ke pulau. Bagi para nelayan, penyewaan perahu dijadikan sebagai mata pencaharian sambilan dan dapat memberi nilai tambah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tarif yang diberikan biasanya sebesar Rp 30.000-Rp 40.000 antar jemput untuk sebuah perahu berkapasitas 30 orang.

6. Pantai Modangan
pantai Modangan yang terletak di 65 km barat daya kota Malang dan tepatnya berada di dusun Kalitekuk, desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Ombak yang cukup besar, pasir putih yang masih bebas dari sampah, serta batuan-batuan hitam adalah beberapa hal yang bisa kita temukan di lokasi ini. Yang juga cukup unik, berbeda dari kebanyakan pantai lainnya yang umumnya memiliki struktur batuan berupa batuan kapur, batu-batuan yang ada di lokasi ini adalah jenis batuan andesit berlapis yang menurut beberapa orang adalah bentukan dari lelehan lahar dari gunung berapi yang telah membeku.
sumber: kaskus.us

0 comments:

Poskan Komentar