Kamis, 27 Mei 2010

BeritaSepakBola. Anda hoby bermain futsal, ya futsal saat ini lagi digandrungi oleh kalangan remaja dan dewasa. Bagi anda yang menggemari futsal atau seorang atlet futsal profesional, berikut ini kami kabarkan beberapa teknik dasar futsal.

Teknik dasar futsal yang harus diketahui dan dipelajari terutama sejak usia dini untuk meningkatkan level permainan di lapangan, diantaranya :

1. Kecepatan

Kecepatan adalah ciri permainan futsal. Seorang pemain futsal harus dituntut cepat mengalirkan bola ataupun bergerak mencari ruang untuk menerima umpan. Dengan pergerakan yang cepat, seorang pemain futsal akan dapat mengecoh lawan dalam melakukan penjagaan serta juga dapat dengan cepat menyusun formasi baik itu ketika melakukan penyerangan ataupun ketika bertahan. Oleh karena itu kecepatan mutlak dikuasai sebagai salah satu teknik dasar futsal.

2. Skill dan Motorik

Skill individu menjadi senjata utama dalam teknik dasar futsal dan harus dimiliki seorang pemain futsal. Di dalam olahraga futsal seorang pemain dituntut melakukan banyak passing dan dribel. Gerak motorik pemain pun harus lentur untuk mempermudah dirinya saat melakukan penguasaan bola atau memenangi perebutan bola. Dengan gerak motorik yang lentur seorang pemain bisa dengan mudah memanfaatkan sebuah peluang emas dari sudut yang sempit sekalipun.

3. Taktik

Teknik dasar futsal lainnya adalah pengetahuan teknik, pengetahuan ini akan sangat membantu seorang pemain futsal untuk berkembang. Di dalam futsal, seorang pelatih dapat mengganti pemain kapanpun yang dia mau, bahkan keseluruhan pemain pun dapat digantinya. Disini pemain dituntut cepat beradaptasi dengan taktik yang dipakai seorang pelatih. Biasanya pergantian seorang pemain di futsal diikuti juga dengan pergantian pola permainan. Selain taktik, penguasaan formasi bermain akan sangat meningkatkan kemampuan. Dari formasi ini nantinya dapat dikembangkan ke berbagai bentuk formasi sesuai dengan kebutuhan tim.

4. Fisik

Teknik dasar futsal yang tak kalah pentingnya adalah kebugaran fisik yang tetap terjaga. Karena futsal adalah olahraga yang menuntut banyak gerak, dibutuhkan fisik yang bugar. Tanpa fisik yang baik sangat sulit seorang pemain menjalani pertandingan yang berlangsung dalam tempo tinggi.

Teknik dasar futsal diatas adalah hasil analisis dari pelatih Futsal Tim Merah Putih, Robby Hartono. Semoga bermanfaat!!!

0 comments:

Poskan Komentar