Kamis, 16 Desember 2010

Hasil Filipina vs Indonesia. Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 0-1 pada leg pertama semifinal Piala AFF 2010.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis, 16 Desember 2010, di awal laga serangan-serangan Indonesia masih belum mampu menembus ketatnya pertahanan Singapura yang dikoordinir kapten tim, Alexandre Borromeo.

Pada 15 menit pertama, Filipina lebih fokus memainkan taktik andalan mereka dengan mengandalkan serangan balik cepat memanfaatkan kecepatan dan skill individu Philip Younghusband yang kali ini beroperasi dari sektor kiri.

Laga memasuki 30 menit awal, Indonesia sedikit lebih mampu menguasai pertandingan dengan permainan taktis satu-dua sentuhan dengan bertumpu pada playmaker , Firman utina.

Beberapa kali pula Tim Garuda mampu memberi ancaman ke gawang Filipina yang dikawal Neil Etheridge. Namun penampilan cemerlang kiper cadangan Fulham itu membuat upaya Indonesia membuka keunggulan kerap menemui kebuntuan.

Akan tetapi, laga memasuki menit ke-32, dewi fortuna akhirnya menghampiri Skuad Merah Putih hingga gol pembuka pun hadir. Diawali umpan jauh Firman ke muka gawang, Etheridge gagal mengantisipasi datangnya bola hingga Cristian Gonzales yang berdiri bebas mampu menanduk bola ke gawang kosong.

Gol itu kian membuat kepercayaandiri Indonesia meninggi. Di sisa babak pertama serangan Indonesia kian menggebur-gebu. Agresivitas kedua sayap melalui M. Ridwan dan Oktovianus Maniani beberapa kali mampu merepotkan lini belakang Filipina. Skor 1-0 pun bertahan hingga turun minum.
Di babak kedua, Indonesia lebih banyak menguasai bola. Masuknya Arif Suyono menggantikan Okto dan Bambang Pamungkas mengisi posisi Irfan membuat Indonesia sedikit lebih tajam.

Di menit 72, Bambang memperoleh peluang di dalam kotak penalti Filipina. Namun lari Bepe kalah cepat dibanding Etheridge yang sigap keluar sarang dan memeluk bola.

Indonesia malah nyaris kebobolan di menit 75. Kali ini, kegagalan Markus menangkap bola lambung membuat James Younghusband bisa mengarahkan bola ke gawang Indonesia. Namun Zulkifli Syukur bisa membuang bola di garis gawang dengan kepalanya.

Gol kedua yang dinanti Indonesia masih gagal juga lewat serangan kombinasi Bepe dan El Loco di menit 79. Umpan silang Bepe dari kiri gagal ditanduk Gonzales karena terlalu tinggi. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada gol tambahan.


Skor 1-0 terbilang cukup menguntungkan bagi Indonesia. Pasalnya, meski bermain di GBK, namun status mereka adalah tim tamu. Modal satu gol jelas menguntungkan Firman cs demi meraih hasil maksimal pada leg II  saat gantian bertindak sebagai tuan rumah pada Minggu, (19/12) mendatang.

Susunan pemain Filipina vs Indonesia:

Indonesia: Markus Haris M; Zulkifli Syukur, Maman Abdurachman, Hamka Hamzah, M Nasuha (Beny Wahyudi 85); M Ridwan, Ahmad Bustomi, Firman Utina, Oktavianus Maniani (Arif Suyono 61); Irfan Bachdim (Bambang Pamungkas 68), Cristian Gonzales

Filipina: Neil Etheridge; Robert Gier, Anton Del Rosario, Roel Gener, James Younghusband, Phil Younghusband, Alexander Borromeo, Jason De Jong, Chris Greatwich, Ian Araneta (Emelio Caligdong 59), Ray Jonsson .

0 comments:

Poskan Komentar