Minggu, 19 Desember 2010

Hasil Indonesia vs Filipina. Indonesia untuk keempat kalinya berhasil melangkah ke Final Piala AFF 2010, setelah di semifinal leg kedua berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 1-0, sehingga agregat  gol menjadi 2-0 untuk Indonesia.

Bertanding di SUGBK, Minggu, 19 Desember 2010, malam WIB, 
Indonesia mencoba menekan sejak menit awal dari sayap kanan. Firman Utina mencoba melepaskan tendangan spekulasi yang masih jauh dari sasaran.

Filipina coba melakukan serangan balik tapi masih bisa dipatahkan. Indonesia gantian menyerang balik dan hasilnya tak jauh beda.

Cristian Gonzales terjebak offside saat berusaha mengejar bola pada menit empat. Usaha Yongki mengejar bola sesaat kemudian juga masih kandas di tangan kiper.

Pada menit delapan Cristian Gonzales terjatuh di kotak penalti saat dikawal dua pemain! Tapi tak ada pelanggaran.

Peluang emas untuk Indonesia pada menit 11 saat Gonzales mengejar umpan terobosan dari Yongki tapi bola lebih dulu ditangkap kiper.

Kemelut di depan gawang Indonesia lahir pada menit 12, tapi sepakan Phil Younghusband akhirnya melambung. Sebelumnya pemain bertahan Indonesia juga gagal mengalau bola dengan lugas.

Christopher Greatwich berbenturan dengan Nasuha saat berebut bola di menit ke-16. Wasit menilai pelanggaran dilakukan si pemain Filipina.

Bola kemudian dikuasai Okto di sayap kiri meski umpan silangnya ke muka gawang masih bisa dihalau bek Filipina.

Gonzales mencatat peluang emas pada menit 21, ia berhasil menanduk bola di muka gawang meski arah bola masih mengarah tepat ke kiper.

Indonesia kemudian menciptakan kemelut di muka gawang Filipna meski tak ada yang bisa diubah jadi gol. Setengah jam berjalan, belum ada gol tercipta. Indonesia terlihat masih kesulitan menembus pertahanan Filipina yang rapi.

Nasuha melakukan penetrasi dari tengah lapangan pada menit 3. Okto terlihat ikut berlari untuk menyongsong bola. Okto pada akhirnya bisa menguasai bola tapi sepakannya belum jitu.

Firman Utina melepaskan umpan tumit ke arah M. Ridwan, dengan dua pemain Indonesia berada di kotak penalti. Alih-alih mengoper, M. Ridwan malah melepaskan tendangan langsung yang masih melebar.

Pertandingan memanas pada menit 40 setelah Ahmad Bustomi diterjang dengan keras oleh Greatwich. Wasit mengeluarkan kartu kuning untuk Greatwich. Sesaat kemudian, Gonzales berada di depan gawang tapi kurang sigap menyongsong bola yang menuju ke arahnya. Peluang terbuang.

Setelah gagal menyelesaikan dua peluang emas yang didapatnya, Gonzales akhirnya membayar lunas pada menit ke-43. Tendangan pertamanya memang masih membentur bek Filipina. Namun, bola kembali mengarah kepadanya.

Dengan sedikit mengontrol bola, El Loco lantas melepaskan tendangan kaki kiri yang tepat mengarah ke pojok atas kanan gawang Etheridge. Sebuah gol yang membedakan hasil akhir kedua tim pada babak pertama.

Pada babak kedua, Filipina yang bermain lepas mulai berani menekan pertahanan Indonesia. Namun, peluang yang didapatkan mereka lebih banyak tak terselesaikan dengan baik. Jika tak tepat sasaran, masih bisa diantisipasi Markus Harison.

Pada menit ke-78, nyaris saja terjadi gol akibat kesalahan koordinasi lini belakang. Untung saja, Firman Utina bisa membuang bola.

Satu menit setelah masuk menggantikan Okto Manniani, Arif Suyono nyaris membobol gawang Filipina. Namun sodokannya hanya menyambar jaring bagian luar.

Satu menit berselang, Filipina harus bermain dengan 10 pemain setelah Christopher Greatwich mendapatkan kartu kuning kedua. Namun, jumlah keunggulan pemain tak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia.

Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia tak berubah. Indonesia pun lolos ke final Piala AFF 2010 dengan agregat 2-0 berkat dua gol El Loco. 

Video hasil pertandingan Indonesia vs Filipina bisa disaksikan di Soccer Video.

Susunan pemain
Indonesia vs Filipina:

Indonesia: Markus; Zulkifli, Maman, Hamka, M. Nasuha; M. Ridwan, Bustomi, Firman, Okto (Arif '85); Yongky Aribowo, Gonzales (Bambang Pamungkas '92).

Filipina: Etheridge; Gier, Boromeo, Del Rosario, Ray Anthony Jonsson; Gener (Margarse '57), J. Younghusband (Barsales '84), De Jong, Greatwich; P. Younghusband, Araneta (Caligdong '76). 

0 comments:

Poskan Komentar