Sabtu, 04 Desember 2010

Hasil Indonesia vs Laos. Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Laos dengan skor telak 6-0 pada laga kedua grup A Piala AFF 2010.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu, 4 Desember 2010, di awal-awal laga, taktik permainan direct football yang diperagakan Riedl masih berhasil diantisipasi oleh strategi perangkap offside Laos. Beberapa kali Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim kerap kesulitan menembus pertahanan disiplin yang dibangun skuad asuhan David Booth.

Sadar taktik yang dimainkan tak berjalan efektif, skuad Merah Putih langsung mengubah skema. Kali ini permainan pendek satu-dua sentuhan mulai dibangun Firman Utina cs . Hasilnya pun cukup efektif.

Pada menit ke-26, aksi individu Gonzales menerobos kotak penalti memaksa bek Laos menjatuhkannya. Penalti bagi Indonesia diberikan oleh wasit asal Singapura, Daud Abbas meski bola lepas mampu disambar Octavianus Maniani ke gawang Laos.

Semenit setelahnya, Firman Utina yang dipercaya sebagai algojo dengan sempurna mampu mengecoh kiper Laos, Sengphachan Bounthisanh, demi membawa keunggulan bagi tuan rumah menjadi 1-0.

Gol itu membuat kepercayaandiri Indonesia kian meninggi. Ball Possessions  yang diperagakan Firman cs pun semakin membaik di pertengahan babak pertama ini.

Permainan apik Indonesia akhirnya kembali membuahkan hasil saat laga memasuki menit ke-34. Memanfaatkan kesalahan umpan pemain Laos, M Ridwan mampu merebut bola dan mengecoh Bounthisanh. Saat akan menendang bola, Ridwan sempat terjatuh namun bola tetap mengarah ke dalam gawang karena dibantu dorongan dari bek Laos. 

Setelah babak pertama mampu meraih dua gol, permainan Indonesia kian agresif di paruh kedua. Gol tambahan yang dinanti pun akhirnya hadir saat laga berjalan 50 menit. Memanfaatkan kerjasama satu-dua dengan Ridwan, Firman mampu melepas tendangan  diagonal kaki kanan yang gagal dijangkau Bounthisanh.

Berselang 12 menit, Indonesia menunjukkan permainan berkelas saat kerjasama satu-dua sentuhan kembali mengawali gol keempat mereka. Kali ini umpan Gonzales mampu dimaksimalkan Irfan Bachdim untuk mencetak gol keduanya dari dua laga awal.

Kejelian Riedl dalam melakukan pergantian pemain kembali hadir di laga kali ini. Arif Suyono yang dimasukkan menggantikan M Ridwan kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-76 saat mampu memaksimalkan kemelut di muka gawang Laos.

Unggul 5-0 membuat Indonesia kian di atas angin. Firman cs kian berani memamerkan skill individu mereka dan sesekali menunjukkan kerjasama berkelas.

Memasuki sembilan menit terakhir, giliran Octavianus yang ikut mencetak gol perdananya di Piala AFF 2010 ini setelah mampu melewati adangan dua bek Laos, dan melepas sepakkan kaki kiri tanpa mampu diantisipasi oleh Bounthisanh.

Di sisa pertandingan, Indonesia mutlak menguasai penuh jalannya pertandingan. Beberapa kali Arif, Okto, dan Irfan silih berganti mengancam gawang Bounthisanh. Sayang hingga laga usai, Skuad Merah Putih gagal mencetak gol ke-7.

Berkat kemenangan ini, Indonesia memastikan menjad juara Grup A dengan koleksi nilai sempurna, yakni 6 poin dari 2 laga. Indonesia menjad tim pertama yang melaju ke babak semifinal. Posisi kedua akan diperebutkan Thailand yang mengoleksi 2 poin, Malaysia 1 poin, dan Laos 1 poin.

Video hasil pertandingan Indonesia vs Laos
bisa disaksikan di Soccer Video.

Susunan Pemain Indonesia vs Laos:

Indonesia: Markus Harison; Mohammad Nasuha, Zulkifli Syukur, Maman Abdurahman, Hamka Hamzah; Oktovianus Maniani, Firman Utina (c); Ahmad Bustomi, Muhamad Ridwan; Cristian Gonzales, Irfan Bachdim

Laos: Sengphachan Bounthisanh; Saynakhonevieng Phommpanya, Kitsada, Ketsada Souksavanh, Khamla Pinkeo; Lamnao Singto, Keoviengphet Lithideth, Kaysone Soukhavong, Konekham Inthammavong; Soukaphone Vongchiengkham, Khampheng Sayavutthi.

0 comments:

Poskan Komentar