Jumat, 04 Maret 2011

Soal Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB), Itulah pembahasan kali ini.

1.  Grafik manakah yang menyatakan hubungan antara kecepatan dan waktu pada GLBB ? jelaskan jawaban anda !

2. Sebelum berhenti, sebuah mobil meninggalkan bekas sepanjang 40 m di jalan. Dengan menganggap perlambatan 5 m/s2, perkirakan laju mobil tersebut tepat sebelum pengereman.

3.  Sebuah mobil diperlambat dari 20 m/s sampai berhenti dalam jarak 10 meter. Berapa perlambatannya ?

4. Sebuah sepeda motor bergerak dari keadaan diam hingga mencapai laju 40 km/jam dalam selang waktu 2 jam. Berapakah percepatan sepeda motor tersebut ?

5. Pada GLBB, besaran apakah yang bernilai tetap ? jelaskan ! sebutkan juga besarann-besaran yang selalu berubah !

10. Sebuah mobil dipercepat dari 40 km/jam sampai 60 km/jam, sedangkan mobil lain dipercepat dari keadaan diam sampai 20 km/jam. Jika kedua mobil tersebut dipercepat selama selang waktu yang sama, mobil mana yang memiliki percepatan yang lebih kecil ? Jelaskan !

11. Sebuah pesawat terbang ringan harus mencapai laju 30 m/s untuk lepas landas. Berapa panjang landasan pacu yang dibutuhkan jika percepatannya adalah 3 m/s2 ?

12. Sebuah mobil melambat dari laju 20 m/s sampai berhenti dalam waktu 5 sekon. Berapa jarak yang ditempuhnya dalam waktu itu ?

13. Sebuah Bus yang berjalan dengan laju 90 km/jam menabrak pohon. Bagian depan mobil tersebut penyok dan pengendaranya berhenti setelah terlempar sejauh 2 m. Berapa percepatan rata-rata si pengendara selama tabrakan ?

14. Apa intisari dari Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) ? jelaskan !

15.Seorang pelari berharap dapat menyelesaikan lari 10.000 meter dalam waktu kurang dari 30 menit. Setelah tepat 26 menit berlari, masih tersisa 1000 m. berapa sekon si pelari harus mempercepat larinya sebesar 0,20 m/s2 agar ia bisa mencapai waktu yang diharapkan ?

16.  Seorang pengendara motor yang sedang mabuk ngebut dengan laju 120 km/jam melewati seorang polisi yang sedang duduk di atas motornya yang berhenti di pinggir jalan. Polisi tersebut langsung mengejar dengan percepatan konstan 5 km/jam /s (perhatikan satuan). Jika sepeda motor yang dikendarai pengendara mabuk bergerak dengan laju tetap, berapa lama waktu yang dibutuhkan polisi untuk mencapai pengendara mabuk tersebut ?

17. Sebuah mobil mulai bergerak dari keadaan diam dengan percepatan tetap 2 m/s2. Setelah mobil bergerak selama 20 sekon, mesin mobil dimatikan. Jika mobil berhenti 20 detik kemudian, berapakah jarak yang masih ditempuh mobil sejak mesinnya dimatikan hingga mobil tersebut berhenti ?

18.  Seekor kuda jantan sedang kasmaran ketika melihat kuda betina pada jarak 60 meter. Kuda jantan langsung berlari menuju kuda betina dengan percepatan tetap 4 m/s2 sambil meringkik kegirangan. Setelah kuda jantan menempuh jarak 40 meter, kuda betina berlari ke arah kuda jantan dengan laju tetap 2 m/s. Pada jarak berapa keduanya bertemu ?

19. Seekor kucing sedang berjalan dengan laju 0,2 m/s. Karena melihat kucing, seekor tikus lari terbirit-birit dengan laju tetap 0,4 m/s. Jika kucing langsung mengejar tikus dengan percepatan tetap sebesar 0,2 m/s2, berapa lama waktu yang dibutuhkan kucing untuk menangkap tikus ? jika tikus ingin menyelamatkan dirinya dari bahaya maut, berapakah laju minimum yang dibutuhkan agar bisa tiba dengan aman di lubang persembunyian yang berjarak 3 meter ?

20. Misalnya dirimu sedang mengendarai mobil di jalan lurus dengan laju 60 km/jam. Pada jarak 100 meter di depan anda terdapat seorang anak SD yang sedang menyebrang jalan. Jika anda memberi perlambatan tetap sebesar 10 m/s2, apakah anak tersebut tertabrak ? jika dirimu tidak ingin masuk bui, berapakah percepatan minimum yang dibutuhkan agar mobil anda berhenti tepat di depan anak tersebut ?

Selesai sudah membahas Soal Gerak Lurus Berubah Beraturan / GLBB

0 comments:

Poskan Komentar