Jumat, 04 Maret 2011

Kali ini saya akan mebahas tentang Contoh soal Gerak melingkar, Setelah sebelumnya saya membahas, Soal dan pembahasan Gerak melingkar dan Sola Gerak Melingkar Beraturan.
Adapun soal gerak melingkar ini terdiri dari 9 soal dan 5 tambahan untuk di pelajari dan sebgai acuan.

1. Benarkah perpindahan sudut termasuk besaran skalar ?

2. Mengapa pada gerak melingkar, kecepatan linear disebut sebagai kecepatan tangensial dan percepatan linear disebut juga sebagai percepatan tangensial ?

3. Kecepatan putaran roda motor saya adalah 10 m/s. Bagaimana tanggapan anda akan pernyataan tersebut ?

4. 2 rad = …… o ?

5.  Satu putaran = 360o. Setengah putaran = …….. radian ? 

6. Jarum speedometer pada sebuah mobil menunjukkan angka 60 rpm. Apa maknanya ?

7. 10 rpm = …….. rad/s ?

8. Jika semakin jauh suatu titik dari pusat lingkaran, bagaimana dengan kecepatan sudut pada titik tersebut ?

9. Jika semakin dekat suatu titik dengan pusat lingkaran, bagaimana dengan percepatan linear pada titik tersebut ?

10. Sebuah roda berputar dengan kecepatan 210 rpm. Hitung kecepatan linear suatu titik yang terletak pada
10 cm dari pusat roda !

11. Berapa kecepatan sudut arloji alias jam tangan anda ? 

12. Diketahui jari-jari bumi = 6380 km. Berapa kecepatan sudut bumi ?

13. Baling-baling sebuah helikopter memiliki diameter 4 m melakukan 1000 putaran dalam 30 detik. Berapakah jarak yang telah ditempuh oleh sebuah titik pada tepi baling-baling tersebut ?

14. Roda sebuah mobil memiliki jari-jari 30 cm. Jika sebuah titik pada tepi roda telah menempuh 600 meter, berapa jumlah putaran yang telah ditempuh roda tersebut ?

15.  Sebuah roda berjari-jari 20 cm berputar pada porosnya. Dari keadaan diam, kecepatan sudutnya berubah menjadi 100 rpm selama 10 detik. Berapa percepatan sudut roda tersebut ? hitung juga percepatan tangensial pada tepi roda !

16. Sebuah roda yang berdiameter 100 cm berputar dengan kecepatan sudut 900 rpm. Berapakah kelajuan tangensial pada sebuah titik di tepi roda tersebut ?

17. Sebuah katrol memiliki diameter 10 cm. Kecepatan sudutnya berubah dari 10 putaran/detik menjadi 30 putaran/detik selama 10 detik. Berapakah percepatan sudutnya ?

18. Sebuah kipas angin berputar dengan kecepatan 500 rpm. Hitung kecepatan sudut dalam satuan rad/s ! Jika panjang baling-baling kipas angin 40 cm, berapa kecepatan linear pada tepi baling-baling ?

19. Ketika sebuah roda dengan jari-jari R berputar terhadap porosnya, apakah setiap titik pada roda tersebut memiliki kecepatan tangensial yang sama ? jelaskan !

  • Tambahan Contoh Soal Untuk Gerak Melingkar

1. Dua buah roda dihubungkan dengan sabuk. Jari-jari roda I 6 cm dan jari-jari roda II 18 cm. Jika roda I berputar sebanyak 20 kali, maka tentukan banyaknya putaran roda II  !

2. Seutas tali dengan panjang 1 m, ujungnya diberi beban 20 gram. Kemudian, tali tersebut diputar dalam arah horizontal dengan kecepatan linear 5 m/s, tentukanlah:
a. kecepatan angulernya, dan
b. percepatan sentripetal.

3. Sebuah motor mengelilingi jalan yang melingkar dengan jari-jari 20 m. Jika percepatan sentripetal maksimum yang dapat diberikan oleh gesekan adalah 5 m/s2, maka hitunglah kelajuan maksimum motor tersebut agar tidak tergelincir !

4. 
Sebuah benda bergerak 90 putaran dalam 1 menit. Tentukan :
a. Frekuensi
b. Periode
c.Kecepatan sudut


5. Empat buah roda disusun seperti gambar di samping. Jejari roda A, B, C, dan D berturut-turut adalah 1 cm, 4 cm, 5 cm, dan 4 cm. Jika roda A diputar dengan kecepatan 4 putaran/s searah jarum jam, tentukan:
a. Kecepatan linear dan kecepatan sudut roda B, C, dan roda D.
b. Bagaimanakah arah putaran ketiga roda tersebut?


Selesai sudah Pembahasan Contoh Soal gerak Melingkar nya.

0 comments:

Poskan Komentar