Jumat, 04 Maret 2011


1. Bilamana momentum benda yang bertumbukan bersifat kekal ? (level 1)
2. Seandainya dirimu melompat dari ketinggian tertentu menuju permukaan tanah. Apa yang terjadi dengan momentum ketika dirimu mendarat ? (level 1)
3. Katanya prinsip peluncuran roket memanfaatkan hukum kekekalan momentum. Benarkah ? Jika benar, maukah dirimu menjelaskan bagaimana roket bisa bergerak ? (level 1)
4. Dua mobil, sebut saja mobil A dan mobil B masing-masing bermassa 1000 kg. kedua mobil tersebut sedang bergerak saling mendekati, di mana mobil A bergerak dengan kecepatan 10 m/s sedangkan mobil B bergerak dengan kecepatan 20 m/s. berapakah jumlah momentum mobil A dan mobil B ? (level 2)
5. Sebutir peluru bermassa 0,2 kg ditembakan dari ujung pistol dengan kecepatan 200 m/s. jika massa pistol 0,5 kg, berapakah kecepatan peluru ketika mendorong tangan penembak ? (level 2)
6. Sebuah mobil bermassa 1000 kg bergerak dengan laju 50 km/jam. Mobil tersebut menabrak mobil di depannya. Keduanya bersatu dan bergerak dengan laju 20 km/jam. Berapakah massa mobil yang ditabrak ? (level 2)
7. Seseorang bermassa 50 kg sedang berdiri di atas permukaan lantai yang sangat licin. Orang tersebut melempar batu bermassa 0,2 kg pada arah horizontal dengan kelajuan 10 m/s. berapakah laju dan arah gerakan orang tersebut setelah melempar batu ? (level 2)
8. Sebuah taxi bermassa 2000 kg sedang bergerak dengan laju 20 m/s. taxi tersebut menabrak sebuah sedan yang bergerak dengan arah berlawanan. Setelah bertabrakan, kedua kendaraan tersebut berhenti. Berapakah laju sedan sebelum tabrakan ?

0 comments:

Poskan Komentar