Sabtu, 02 April 2011

Bromin [Br]

Karakteristik

An: 35 N: 45
Am: 79,904 g / mol
Kelompok No: 17
Nama Grup: Halogen
Blok: p-block Periode: 4
Negara: cair
Warna: merah-coklat, kilap logam ketika padat Klasifikasi: Non-logam
Titik didih: 332K (59 o C)
Melting Point: 265.8K (-7,3 o C)
Suhu Kritis: 586K (313 o C)
Kepadatan: (cair) 3.1028g/cm 3

Discovery Informasi

Siapa: Antoine J. Balard
Ketika: 1826
Dimana: Perancis

Nama Asal

Yunani: bromos (bau busuk). "Brom" dalam berbagai bahasa.

Sumber

Terjadi pada senyawa dalam air laut. Dunia produksi luas sekitar 330 ribu ton per tahun. produsen utama adalah Amerika Serikat, Israel, Inggris, Rusia, Perancis dan Jepang.

Kelimpahan

Universe: 0,007 ppm (berat)
Karbon meteorit: 1,2 ppm
Kerak Bumi: 3 ppm
Air laut: 67,3 ppm
Manusia: 2900 ppb menurut beratnya; 230 ppb oleh atom

Menggunakan

Digunakan untuk pemurnian air (kolam renang), pembuatan dibromida etilen (C 2 H 4 Br 2 ) (anti-mengetuk bensin), pemutihan, sintesis organik, pelarut, reagen analitis, api retardant untuk plastik, farmasi, shrink-pemeriksaan wol.
Bromin digunakan untuk membuat minyak nabati brominasi, yang digunakan sebagai emulsifier dalam banyak minuman ringan beraroma jeruk.

Sejarah

Bromin ditemukan oleh Antoine Balard di rawa garam Montpellier pada tahun 1826, tapi tidak diproduksi dalam jumlah sampai 1860. Ahli kimia Perancis dan fisikawan Joseph-Louis Gay-Lussac menyarankan bromin nama karena bau karakteristik uap.

Catatan

Bromin sangat reaktif dan merupakan agen pengoksidasi kuat dalam keberadaan air. Bereaksi keras dengan amina, alkena dan fenol serta hidrokarbon alifatik dan aromatik, keton dan asam (ini brominasi oleh salah satu reaksi adisi atau substitusi). Dengan banyak logam dan unsur-unsur, bromin anhidrat kurang reaktif dari bromin terhidrasi, namun, bromin kering bereaksi keras dengan aluminium, titanium, merkuri serta logam tanah alkali dan logam alkali.
Karena biaya tinggi, bromin biasanya didaur ulang daripada dibuang ke lingkungan.
Sekitar 500 juta kilogram brom diproduksi setiap tahun di seluruh dunia, dengan Amerika Serikat dan Israel menjadi produsen utama.

Bahaya

Mungkin fatal jika dihirup, b inhalasi menelan sangat beracun, atau kontak kulit. Unsur bromin adalah iritan kuat dan, dalam bentuk terkonsentrasi, akan menghasilkan lecet menyakitkan pada kulit yang terbuka dan selaput lendir khususnya. Bahkan konsentrasi rendah uap bromin (dari 10 ppm) dapat mempengaruhi pernapasan, dan menghirup jumlah signifikan bromin serius dapat merusak sistem pernapasan.


Senyawa bromin

Amonium bromida NH 4 Br
Digunakan di bidang manufaktur kimia fotografi dan emulsi. Hal ini juga digunakan sebagai flame retardant.
Lithium bromide LiBr
Yang sangat higroskopis dan oftern digunakan sebagai dessicant.Selain. Seiring dengan litium klorida (LiCl), sering digunakan dalam sistem pengkondisian udara dan pengeringan industri.

Reaksi Brom

Reaksi dengan air
Brom bereaksi dengan air untuk menghasilkan hypobromite, OBR - . PH larutan menentukan posisi kesetimbangan.
Br 2 (l) + H 2 O (l) -> OBR - (aq) + 2H + (aq) + Br - (aq)
Reaksi dengan udara
Bromin tidak reaktif terhadap oksigen atau nitrogen tetapi akan bereaksi ozon di -78 o C untuk membentuk senyawa bromin tidak stabil (IV) oksida.
Br 2 (l) + 2o 3 (g) -> O 2 (g) + 2BrO 2 (s)
Reaksi dengan halogen
Brom bereaksi dengan klorin dalam fase gas untuk membentuk spesies interhalogen BRF. Produk ini sulit untuk mendapatkan murni sejak BRF disproportionates pada suhu ruang untuk membentuk bromin, Br 2 , dan BRF 3 dan BRF 5 .
Br 2 (g) + F 2 (g) -> 2BrF (g)
3BrF (g) + Br 2 (l) -> BRF 3 (l)
5BrF (g) + 2Br 2 (l) -> BRF 5 (l)
Dalam kondisi yang lebih kuat, kelebihan fluor bereaksi dengan bromin pada 150 o C untuk membentuk spesies interhalogen BRF 5 .
Br 2 (l) + 5F 2 (g) -> 2BrF 5 (l)
Klorin bereaksi dengan bromin dalam fase gas untuk membentuk interhalogen bromin spesies tidak stabil (I) klorida, ClBr.
Cl 2 (g) + Br 2 (g) -> 2ClBr (l)
Brom bereaksi dengan yodium pada suhu kamar untuk membentuk bromin interhalogen spesies (I) iodida, BrI.
Br 2 (l) + I 2 (s) -> 2IBr (s)
Reaksi dengan basa
Brom bereaksi dengan alkali air panas untuk menghasilkan bromat. Hanya satu keenam dari total bromin dikonversi dalam reaksi ini.
3Br 2 (g) + 6OH - (aq) -> Bro 3 - (aq) + 5Br - (aq) + 3h 2 O

Kejadian dan Produksi Brom

Bromin terjadi di alam sebagai garam bromida dalam jumlah yang sangat baur di batu kerak. Karena pencucian, garam bromida telah terakumulasi dalam air laut (85 ppm), dan mungkin ekonomi pulih dari sumur air garam dan Laut Mati (hingga 5000 ppm).
Sekitar 500.000 metrik ton (senilai sekitar US $ 350 juta) bromin diproduksi per tahun (2001) di seluruh dunia dengan Amerika Serikat dan Israel menjadi produsen utama. Cadangan bromin terbesar di Amerika Serikat terletak di Columbia dan Union County, Arkansas. bromin cadangan Israel yang terkandung di perairan Laut Mati.

Isotop Brom

79 Br [44 neutron]
Kelimpahan: 50,69%
Stabil dengan 44 neutron
81 Br [46 neutron]
Kelimpahan: 49,31%
Stabil dengan 46 neutron

0 comments:

Poskan Komentar