Sabtu, 10 Maret 2012

Sistem reproduksi laki laki dan perempuan mari kita bahas Sistem reproduksi laki laki dan perempuan
Sistem reproduksi adalah Suatu alat/sistem dalam rangkaian dan interaksi organ dan zat dalam organisme untuk tumbuh berkembang biak yang terdiri atas testis, ovarium serta alat kelamin lainya (menurut file education sendiri) .
Sistem reproduksi sendiri disuatu organisme ini berbeda antara jantan dengan betina.
Reproduksi adalah proses yang dilakukan mahkluk hidup untuk mendapatkan garis keturunan, setiap individu organisme ada sebagai hasil dari suatu proses reproduksi oleh pendahulunya. Ada dua cara yang digunakan untuk proses reproduksi secara umum-nya yaitu jenis seks: seksual dan aseksual.

Didalam reproduksi aseksual sendiri suatu maklukhidup/individu melakukan reproduksinya tanpa adanya keterlibatan individu lainya dari jenis yang sama. contohnya adalah membelah diri contoh dari reproduksi aseksual. Tumbuhan juga bisa memiliki kemampuan melakukan reproduksi aseksual.
Reproduksi seksual membutuhkan keterlibatan dua individu, biasanya dari jenis kelamin yang berbeda. Reproduksi manusia normal adalah contoh umum reproduksi seksual. Secara umum, organisme yang lebih kompleks melakukan reproduksi secara seksual, sedangkan organisme yang lebih sederhana, biasanya satu sel, bereproduksi secara aseksual.

Mari kita bahas mendetai yuk :

Sistem reproduksi laki laki dan perempuan1. Alat Reproduksi Laki-Laki

Alat reproduksi laki-laki yang dapat dilihat dari luar adalah zakar dan kantung pelir (buah zakar)
Jenis jenis alat reproduksi laki-laiki
  • Zakar/Penis
Zakar bagian Terpeting meliputi batang zakar dan kepala zakar. Kepala zakar sama pekanya dengan kelentit pada perempuan. Batang zakar terdiri dari kelenjar spons yang dapat terisi darah sehingga zakar menjadi keras.

  • Kantung Mani (Vesika Seminalis)
Kantung mani fungsinya menyimpan main yang matang. Sperma/mani inilah yang mnimbulakan produksi/membuahi perempuan sehingga dapat hamil. mani keluar bersama-an dengan keluarnya cairan kelenjar prostat saat berhubungan seks (nikmatnya wkwkkw).
  • Kelenjar Prostat
Kelenjar, berada dibawah bagian kandungan kencing. Fungsinya adalah membuat cairan air mani yang akan dikeluarkan bersamaan dengan sperma. Warna cairan-nya adalah putih keruh dan agak kental. (siapa yang mau pegang maniku) wkwkwkwk.
  • Kantong Pelir 
Kantong atau Scrotum pelir adalah tempat testis, Didalam testis inilah sperma akan dibuat. ini yang bahaya bagai ABG sekarang kenapa? karena Bila sperma bertemu sel telur perempuan, perempuan tersebut akan hamil dan anda wajib tanggung jawab, makanya nikah dulu baru gituan weeeek.

  • Saluran Sperma (Vas Deferens)
Saluran seperma, Bila sperma sudah matang, maka dia melalui saluran sperma-nya, mani itu akan naik dan disimpan di kantung mani (vesika seminalis)
  • Pelir (Testis)
Pelir, Laki laki ini memiliki dua buah testis. Diameternya biasanya kira kira sebesar bola bekel. Testis dapat memproduksi sperma bila suhu testis berada di bawah tubuh. Karena itu kantong pelir berada diluar tubuh, agar suhu testis menjadi lebih dingin dibandingkan tubuh.
  • Saluran Kencing (Urethra)
Urethra yaitu saluran di dalam zakar, saluran wadah keluarnya air kencing serta air mani. keluarnya air seni /kencing serta air mani telah diatur oleh katup sehingga keduanya tidak bisa keluar bersamaan. Bila laki-laki terkena Infeksi Menular Seksual (IMS), urethra merupakan bagian pertama yang terkena. Bila urethra terluka karena infeksi, maka kencing terasa perih karena air kencing memang melalui saluran itu dan mengenai luka-luka yang ada pada dinding saluran itu.

2. Alat Reproduksi Perempuan
Sistem reproduksi laki laki dan perempuan
Alat reproduksi perempuan yang terlihat dari luar cuma bibir kemaluan dan lobang senggama yang ditutupi bulu kelamin. Alat reproduksi perempuan masuk hingga bagian dalam tubuh perempuan. Merawat bagian dalam reproduksi, sama pentingnya dengan merawat bagian luar alat reproduksi kita. Alat reproduksi perempuan terdiri dari beberapa bagian utama, yang perlu kita kenal adalah :
  • Vagina atau Lubang kemaluan
Vagina bentuknya memanjang seperti tabung. Saat berhubungan seks, penis masuk ke dalam liang vagina. Darah haid juga keluar melalui vagina. Bayi juga keluar lewat vagina pada saat perempuan melahirkan. Dalam vagina terdapat jamur dan kuman-kuman yang tidak mengganggu tubuh kalau keseimbangan hidupnya tidak terganggu. Keseimbangan hidupnya terganggu kalau perempuan sering mencuci vagina dengan obat antibiotik atau terlalu sering berhubungan seksual. Bila keseimbangan hidup jamur dan kuman-kuman itu terganggu, maka terjadilah keputihan.
  • Dinding Vagina
Dinding Vagina juga punya lapisan khusus. Dinding ini lapisannya halus dan mudah sekali terluka. Kalau luka, seringkali lukanya tidak dirasakan sakit. Luka-luka di dinding vagina, memudahkan bibit atau kuman Infeksi Menular Seksual (IMS) masuk kedalam tubuh.
  • Indung Telur
Tempat telur manusia dibuat. Disebut juga ovarium. Setiap bulan perempuan mengeluarkan satu telur matang melalui saluran telur ke arah rahim. Kalau telur matang bertemu sperma dalam air mani laki-laki, maka perempuan akan hamil.
  • Rahim atau Kandungan
Tempat janin tumbuh dan berkembang. Setiap bulan, rahim menyiapkan diri dengan melapisi dindingnya dengan lapisan khusus untuk menerima bayi. Kalau tidak jadi hamil, maka lapisan khusus itu runtuh berupa darah haid. Kalau perempuan hamil, lapisan khusus tidak diruntuhkan lagi, tetapi dipakai untuk menghidupi janin sehingga perempuan tidak haid saat hamil.
  • Serviks/Mulut Rahim
Serviks memisahkan rahim dengan liang senggama. Bermanfaat menjaga agar kotoran dan kuman tidak mudah masuk kedalam rahim. Juga, ia bermanfaat untuk menyangga kepala bayi saat perempuan hamil. Kalau perempuan terkena Infeksi Menular Seksual (IMS), meskipun tidak tampak dari luar, infeksi biasanya dapat diperiksa atau dilihat di mulut rahim.
  • Bibir Kelamin atau Labia
Bibir kelamin berada di luar tubuh. Ada dua bibir di dalam kelamin luar perempuan, namanya bibir besar dan bibir kecil.
  • Kelentit
Kelentit berada di bagian atas di anatara bibir kelamin. Bentuknya seperti biji kacang. Kelentit mempunyai syaraf yang sangat banyak sehingga sangat peka terhadap rangsangan. Kelentit bagi perempuan mirip seperti zakar laki-laki.
  • Selaput Dara
Berada di dalam liang vagina, tidak jauh dari mulut vagina. Selaput dara terbuat dari lapisan tipis, dengan lubang tempat keluarnya haid. Selaput dara ada yang tipis dan juga yang kaku. Selaput dara tidak bisa dijadikan jaminan kegadisan pada perempuan, karena selaput dara bisa robek karena terjatuh atau olahraga, selain karena hubungan seks.
  • Saluran Kencing
Saluran kencing pada perempuan berada diantara kelentit dan mulut vagina.


Sumber :http://tsuyokomi.blogspot.com/2008/10/sistem-reproduksi-manusia.htm

0 comments:

Poskan Komentar