Rabu, 22 Agustus 2012

Manfaat Daun Sirih Yang Beraneka Ragam

Manfaat daun sirih sangatlah beragam bagi kesehatan. Perlu kita ketahui kalau Sirih merupakan jenis tanaman merambat yang termasuk dalam famili Piperaceae. Tanaman sirih memiliki banyak nama seperti betel (Prancis), betelhe, vitele (Portugal), ju jiang (China) dan sirih (Indonesia).

Di dalam daun sirih mengandung bahan kimia dantaranya minyak esensial, hydroxycatechol, chavicol, chavibetol, eugenol, methyl eugenol, kariofilena, cadinene, estragol, terpennena, seskuiterpena, fenil propana, tanin, diastase, gula dan pati.

Manfaat Daun Sirih

manfaat daun sirih


Ternyata bahan-bahan kimia yang terkandung dalam daun sirih inilah yang dapat menghentikan perdarahan pada saat mimisan. Dan nyatanya tidak hanya pada mimisan, daun sirih juga dapat menghentikan perdarahan pada luka-luka ringan.

Daun sirih mengandung fenol yang cukup t inggi sehingga daun sirih lima kali lebih efektif sebagai antiseptik dibandingkan dengan fenol biasa. Tapi ternyata pengobatan yang back to nature yang menggunakan daun sirih atau piper betle ini tidak cukup populer di negara barat karena kebiasaan barat yang jauh berbeda dengan timur. Berikut ini beberapa manfaat daun sirih bagi ksehatan.

  • Menghentikan Mimisan . Petik daun sirih satu lembar, gulung sambil di tekan atau digrepyek agar keluar minyaknya lalu gunakan untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darah. Tengadahkan wajah ketika menyumbat hidung yang mimisan dengan dau nsirih, biar darah cepat berhenti.
  • Mengobati Diare. Petik 4 â€" 6 lembar daun sirih cuci bersih, 6 biji lada, 1 sendok makan min yak kelapa biar mudah melekat.Tumbuk semua bahan bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada bagian perut. Ulangi sampai sembuh. Bisa juga untuk tapel perut.
  • Mengobati Sakit gigi. Pengobatan ada 2 cara
  • Di kumur daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu dinginkan air rebusan . Gunakan air rebusan untuk berkumur. Diulang secara teratur sampai sembuh.
  • Ambil 2 lembar daun sirih yang telah diremas, garam secukupnya. Caranya, semua bahan diseduh dengan air panas sebanyak 1 gelas, lalu aduk sampai garam larut, biarkan sampai dingin. Air tersebut digunakan untuk berkumur. lakukan secara rutin.
  • Mengatasi atau Pengobatan pada Alergi. Bagian luar, di oleskan pada bagian yang gatal, Bahan: 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok minyak kayu putih. Caranya, semua bahan tersebut ditumbuk bersama sampa i halus, lalu gosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal.
  • Pengobatan Bronkhitis. Kita buat semacam sirup. Ambil 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu. Caranya, daun sirih diris-iris halus, lalu direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas, lalu disaring. Air rebusan diminum 3 sendok makan 3 kali sehari.
  •  Mengobati Keputihan. Petik 7 â€" 10 lembar daun sirih. Caranya, daun sirih direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Saat masih hangat, air rebusan daun sirih dipakai untuk membasuh dan membersihkan seputar kemaluan secara berulang-ulang. (gunakan cebok setiap hari sampai sembuh).
  • Mengobati batuk pilek. 3 lembar daun sirih yang temu ros nya, ambil 2 bawang merah iris tipis, taruh daun sirih dan bawang merah iris lalu seduh dengan air hangat, tutup rapat sampai meresap, lalu minum selagi masih h angat. (Menghilangkan dahak).
So.. Back to Nature is the Best for our life. Memang sih.. jarang diantara kita yang punya tanaman sirih, tapi alangkah baiknya jika sudah tau manfaat daun sirih kemudian kita tanam daun sirih disekitar rumah kita. Kalau kita tidak punya lahan yang luas, kita bisa tanam di dalam pot bunga, selain untuk pengobatan bisa juga untuk tanaman hias. Yuk tanam daun sirih...

0 comments:

Poskan Komentar